Rabu, 26 September 2012

STANDAR SEKOLAH INTERNASIONAL



I.   Proses belajar mengajar untuk mata pelajaran inti : Matematika, Sains (Fisika dan Biologi, kimia), bahasa Inggris dan TIK
1.     Kurikulum
a.    Kurikulum yang berlaku adaptif kurikulum internasional
b.    Mengintegrasi life skill
c.    Mengakomodasikan perkembangan ilmu teknologi sesuai dengan kebutuhan siswa untuk hidup dalam masyarakat
d.    Mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan mata pelajaran bahasa Inggris (language acrosst the curriculum)
e.    Disusun dan dievaluasi berdasarkan hasil kerja
2.    Metodologi
a.    Mewujudkan life skill siswa dengan memberdayakan multiple intelegensi siswa melalui proses pembelajaran secara kontekstual
b.    Menjaga iklim yang kondusif untuk proses belajar mengajar
c.    Mengalokasikan waktu yang cukup untuk proses belajar mengajar
d.  Menggunakan strategi mengajar, remidiasi, pengayaan dan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda
e.    Berbasis ICT
3.    Media
Bervariasi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan metodologi yang diterapkan dengan memanfaatkan alam/lingkungan, sumber belajar di sekolah dan media elektronika
4.    Bahan Ajar
a.   Bervariasi (cetak dan digital) sesuai kompetensi yang ingin dicapai sebagaimana yang dipakai sekolah berstandar internasional
b.    Setiap siswa memiliki texbook untuk masing-masing pelajaran
5.    Assesment
Bervariasi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai (performent test, portofolio, autentice assesment, dsb) dan hasil evaluasi digunakan sebagai bahan refleksi untuk perbaikan proses belajar mengajar.
6.    Jumlah Siswa Perkelas
       20 – 25 siswa
7.    Model Pembelajaran
        CTL (Contextual Learning), out door, cooperative learning, dsb.

II.    Guru
1.    Tingkat Pendidikan
Minimal  S1
2.       Bidang Pendidikan
Sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
3.       Memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya
a.   Memahami pendidikan sebagai profesi dan melaksanakan kerangka legal, formal
b. Menguasai materi yang diajarkan, memahami konsep dasar, metodologi, penemuan, dan struktur materi
c.    Terlibat berbagai kegiatan perencanaan, mampu mengaktualisasikan kurikulum ke dalam pembelajaran
d.    Mampu mengumpulkan dan menginformasikan kebutuhan dan perkembangan belajar siswa. Memahami bagaimana pertumbuhan individu, mengembangkan, mempelajari dan menyediakan kesempatan belajar yang mendukung perkembangan intelektual, sosial dan kepribadian siswa. Memahami bagaimana siswa berbeda satu dan lainnya dalam belajar dan menciptakan kesempatan pengajaran yang diadaptasi terhadap pembelajaran yang berbeda.
e.  Mampu menciptakan pengalaman belajar yang membuat bahan ajar menjadi lebih bermakna
f.    Mengetahui dan mengimplementasikan berbagai metodologi belajar mengajar, memahami dan menggunakan strategi mengajar yang bervariasi untuk mendorong pengembangan kemampuan siswa berfikir kritis, memecahkan masalah dan menjadikan mereka siswa mandiri
g.    Mampu menciptakan dan memelihara berbagai lingkungan yang kondusif untuk siswa belajar
h.    Mengetahui dan mengimplementasikan berbagai teknik evaluasi pembelajaran
i.   Mampu berperan dalam membangun dan mengembangkan kemitraan antar sekolah, keluarga dan masyarakat dalam lingkungan sekolah. Memahami peran serta masyarakat dalam pendidikan, mengembangkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan mitra, orangtua, dan masyarakat untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan
j.     Mempunyai apresiasi pada seni dan budaya

4.    Kemampuan bahasa Inggris
       Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan dan berinteraksi dalam kelas (TOEFEL > 500)
5.    Penguasaan dalam bidang komputer
a.    Mampu mengajar dan menggunakan media elektronik sebagai alat bantu mengajar
b.    Mampu membuat materi pengajaran dalam format media elektronik
c.    Mampu mendownload materi pelajaran dari internet
d.    Mempunyai koleksi materi pelajaran dalam format media elektronik
e.    Mampu mengupload materi pelajaran ke internet dan atau intranet
6.    Pengalaman Mengajar
       Minimal 5 tahun
7.       Pengalaman Profesi
Guru adalah pembelajar sepanjang masa. Ia adalah seorang praktisi refleksi yang secara berkesinambungan mengevaluasi bagaimana memilih dan bertindak untuk mempengaruhi siswa dan orangtua. Profesional di dalam masyarakat pembelajaran dan aktif mencari kesempatan untuk berkembang secara profesional.

III.      Kepala Sekolah
1.    Tingkat Pendidikan
        Minimal  S1
a.     Kerangka legal, moral dan etika bekerja
Memahami pendidikan sebagai profesi dan melaksanakan kerangka legal,  moral dan etika bekerja yang berkaitan dengan profesi
b.    Menyusun Visi, Misi dan Tujuan
i.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan penerapan kurikulum, PBM, evaluasi dan kegiatan sekolah lainnya agar sesuai visi, misi dan tujuan sekolah melalui keterlibatan warga sekolah
ii.  Mengalokasikan dan menjamin secara efisien dan efektif sumber daya manusia, intruksional untuk mendukung PBM
iii. Menjamin pengembangan secara terus menerus dan profesional, pengembangan karier, kesejahteraan dan perlindungan hukum bagi guru dan pegawai
iv.   Mengadopsi kebijakan dan prosedur yang mampu mengefektifkan kinerja
v.       Mampu membangun dan mengembangkan kemitraan antar sekolah, keluarga, masyarakat dan lingkungan sekolah. Memahami peran serta masyarakat dalam pendidikan, mengembangkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan mitra, orangtua, dan masyarakat untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan
vi.   Mampu menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang kondusif bagi guru, staf dan siswa dalam belajar
vii. Mampu memformulasikan dan menjamin pelaksanaan pemberian bea siswa bagi siswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi mempunyai kualifikasi akademik yang memadai
2.    Kemampuan Bahasa Inggris
       Mampu berbahasa Inggris secara efektif dan efisien baik secara lisan maupun tulisan dalam kegiatan ilmiah seperti seminar dan sebagainya (TOEFEL > 500)
3.    Penguasaan dalam bidang komputer
a.   Berperan aktif dalam komunikasi antar kepala sekolah di dalam negeri melalui forum
b.   Berperan aktif dalam komunikasi dengan kepala sekolah di luar negeri melalui forum
c.  Memberdayakan dan mendayagunakan berbagai informasi sekolah untuk mengambil keputusan
4.    Pengalaman Mengajar
       Minimal 5 tahun
5.    Pengembangan Profesi
Kepala sekolah adalah pembelajar sepanjang masa. Ia adalah seorang praktisi refleksi yang secara berkesinambungan merencanakan dan melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi program sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua warga sekolah melalui proses kemitraan internal maupun eksternal

IV.      Kepala TU (Tata Usaha)
1.    Tingkat Pendidikan
2.     Bidang Pendidikan
        Sesuai dengan bidang yang ditangani
3.     Memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya
a. Bersama dengan kepala sekolah mampu merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan administrasi akademik, kepegawaian, kesekretariatan, sarana dan prasarana keuangan

b.  Mampu mengkoordinasikan semua staf TU untuk melakukan kerja secara profesional
c.   Mampu menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang kondusif bagi staf administrasi
4.    Kemampuan Bahasa Inggris
       Mampu berbahasa Inggris secara efektif dan efisien secara lisan maupun tertulis (TOEFEL > 400)
5.    Penguasaan dalam bidang komputer
a. Menginstal berbagai perangkat lunak yang berkaitan dengan aplikasi administrasi dan keuangan
b.    Mampu menggunakan dan mengoperasikan WordProsesor dan Exel
c.     Mampu mengopersikan dan menggunakan internet
d.    Otomasi perkantoran
6.    Pengalaman Kerja Sebagai Tenaga Administrasi
       Minimal 5 tahun
7.       Pengembangan Profesi
Tugas sebagai tenaga administrasi adalah pembelajar sepanjang masa, Ia adalah seorang praktisi refleksi yang ikut serta secara aktif dalam perencanaan, melaksanakan dan mengendalikan serta mengevaluasi program sekolah untuk menunjang keberhasilan sekolah.
V.       Tenaga Administrasi (Keuangan dan Akuntansi)
1.    Tingkat pendidikan minimal D3
2.    Bidang pendidikan
       Akuntansi
3.    Memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya
a.    Memahami dan mampu mengoperasikan sistem akuntansi
b.    Mampu melakukan data entry dan menghasilkan laporan keuangan dan akuntansi yang manual maupun berbasis komputer
4.    Kemampuan Bahasa Inggris
       Mampu berbahasa Inggris secara efektif dan efisien secara lisan maupun tertulis (TOEFEL > 400)
5.    Penguasaan dalam bidang komputer
a. Menginstal berbagai perangkat lunak yang berkaitan dengan aplikasi administrasi dan keuangan
b.    Mampu menggunakan dan mengoperasikan WordProsesor dan Exel
c.     Mampu mengopersikan dan menggunakan internet
6.    Pengalaman Kerja Sebagai Tenaga Administrasi
       Minimal 5 tahun
7.       Pengembangan Profesi
Tugas sebagai tenaga administrasi keuangan adalah pembelajar sepanjang masa, Ia adalah seorang praktisi refleksi yang ikut serta secara aktif dalam perencanaan, melaksanakan dan mengendalikan serta mengevaluasi program keuangan dan akuntansi untuk menunjang keberhasilan belajar siswa.
VI.      Organisasi, Manajemen dan Administrasi
1.    Organisasi dan kelembagaan
a.   Sekolah memiliki struktur organisasi yang dinamis, efektif dan efisien sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa
b.    Struktur organisasi harus mendukung kerjasama antar lembaga sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa
2.    Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.    Memiliki rumusan kebijakan dan penjamin proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian berbagai aspek manajemen dan administrasi sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa
b.   Memiliki sistem perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian berbagai aspek manajemen dan administrasi sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa yang berbasis komputer
c.    Sekolah selalu menstimulate siswa, guru dan staf lainnya untuk selalu belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar internal maupun eksternal
d. Sekolah selalu merumuskan dan menjamin program pengembangan profesionalisme guru dan staf sekolah dalam mendukung usaha peningkatan mutu siswa
e.  Sekolah menyediakan dana cukup dari berbagai sumber pendanaan untuk pengembangan profesionalisme guru dan staf sekolah dalam mendukung usaha peningkatan mutu siswa
3.    Keuangan dan Akuntansi
a.   Memiliki sistem anggaran yang mencakup rencana dan pengendalian anggaran yang diintegrasikan dengan sistem perencanaan dan akuntansi
b.    Memiliki dan menggunakan sistem pembukuan berpasangan
c.  Memiliki dan menggunakan sistem pembukuan berpasangan tertulis yang terkomputerisasi
d.    Memiliki  sistem pelaporan untuk semua stakeholders
4.    Pengembangan Mutu Karier Guru dan Tenaga Kependidikan Lainnya
a. Memiliki rumusan sistem dan telaah melaksanakan rencana rinci pengembangan mutu karier guru dan tenaga kependidikan lainnya
b.   Memiliki rumusan sistem dan telaah melaksanakan kebijakan, juklak dan juknis pengembangan mutu karier guru dan tenaga kependidikan lainnya

5.    Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Memiliki rumusan sistem dan telaah melaksanakan sistem informasi manajemen yang terintegrasi dan komputerisasi dan minimal telah mempunyai pangkalan data (data base) sebagai berikut :
i.     Profil Sekolah termasuk data eksternal yang berkaitan dengan sekolah
ii.    Kesiswaan (student service)
iii.   Kepegawaian
iv.   Kelogistikan (Sarpras)
v.    Perpustakaan
b.    Memiliki website sekolah
c.    Memiliki jaringan sistem lokal (intranet), internet dan ekstranet
d.  Mengembangkan dan menjamin pelaksanaan entry data dan update semua jenis informasi
6.    Unit Pelayanan bagi Siswa
Tersedia unit pelayanan akademis (kurikuler dan ekstrakurikuler), konseling, bea siswa, kesehatan dan pengembangan karir siswa
VII.     Sarana dan Prasarana Pendidikan
Semua sarana dan prasarana menjamin keselamatan bagi pengguna :
1.    Ruang Kelas
a.    Luas : ≥ 63 m2
b.    Ratio jumlah siswa :  1 : 34
c.    Fasilitas ICT
       Semua kelas atau minimal satu kelas untuk tiap-tiap tingkat memiliki satu set perangkat ICT (1 set PC/lap top, 1 set spiker aktif, 1 LCD, 1 screen projector)
2.       Perpustakaan
3.       Laboratorium IPA dan Bahasa
4.       Laboratorium komputer
5.       Kantin
6.       Auditorium
7.       Sport Activties
8.       Pusat belajar dan riset guru
9.       Penunjang administrasi sekolah
10.   Unit kesehatan
11.   Toilet
12.   Sarana prasarana penunjang lainnya


SEBELUMNYA                                                                                    BERIKUTNYA

1 komentar:

Mohon Komentar, Kritik dan Saran! Terima Kasih!